Jangan ragu-ragu untuk berkata “Tidak” kepada…

…teman yang hobinya komplain dan ngomongin uneg-unegnya melulu.
Memang sih kita niatnya menjadi teman yang baik dan menjadi pendengar yang baik, tapi kalau setiap ketemu dia selalu punya aura negatif, hobinya complain, cerita yang sedih-sedih, ngomongin orang, yah sebaiknya anda berani berkata “Tidak” kepada orang ini. Karena lama-lama anda juga akan ikut sedih, ikut turun semangat, dan juga anda tidak berkembang.
… teman yang ‘make’ atau yang ‘ngobat’.
‘Duh, kayaknya kalau yang satu ini gak perlu panjang lebar alasannya kan sudah jelas. Sangat berbahaya berteman dekat dengan orang seperti ini karena anda tidak tau kapan dia tertangkap saat sedang bersama anda, atau kadang orang-orang seperti ini tidak berpikiran lurus kalau sedang ‘sakau’ dan suka mengambil barang orang lain untuk dicuri dan dijual atau ditukar dengan obat. Lebih parah jika sampai anda juga tertular nyoba-nyoba barang terlarang ini.
… rekan kerja yang genit-genit ke anda.
Apalagi kalau rekan kerja anda tersebut sudah berkeluarga. Hindari dari awal masalah ini karena dalam suasana kantor anda harus selalu menjaga nama baik dan keprofesionalisme anda. Selain dari hasil pekerjaan anda, kualitas kepribadian dan intergritas anda juga tercermin dari sikap sehari-hari dan pergaulan anda.
… teman yang gemar minta tolong.
Dia menghubungi anda kalau ada perlunya saja, sedangkan kalau anda yang giliran minta tolong, dianya menghilang banyak alasan. Berarti orang ini mau enaknya saja, dan tidak menghargai pertemanan dengan anda.

Comments

Popular Posts