Peluk Atau Jangan…

Peluk Atau Jangan…
Ketika anda bertemu seseorang biasanya hanya mengulurkan tangan untuk bersalaman, tapi sekarang ini banyak juga yang karena merasa lebih dekat dan lebih akrab dengan membuka tangan lebar dan berpelukan. Apa norma-norma yang perlu diperhatikan saat anda memilih untuk memberikan pelukan atau tidak? Ini beberapa tips etiket untuk berpelukan yang harus anda ingat:
 
Dengan teman baik…
Kalau anda sudah lama saling tidak berjumpa, peluklah dia. Juga pada saat akan berpisah, berikan pelukan sekali lagi. Kalau memang anda sering berjumpa dengan dia, maka kata ‘halo’ dan ‘sampai ketemu lagi’ sudah cukup.
Dengan kenalan yang tidak terlalu dekat…
Cukup dengan salaman atau kata ‘halo’ saja. Tapi kalau anda dalam saat bertemu berbincang-bincang dengan agak lama dan cukup akrab, maka anda boleh memeluknya sewaktu akan berpisah.

Dengan banyak orang dalam satu grup…
Berilah mereka salam satu persatu, kalau anda memang akrab dengan salah seorang dalam grup itu maka anda boleh memberi pelukan.

Dengan rekan kerja atau kerabat profesional…
Sebaiknya pilih jalan aman untuk sebatas salaman saja. Kalaupun di pesta atau saat santai di luar kantor, tetap jaga jarak anda karena walau bagaimanapun mereka bukan sahabat anda, tetapi rekan kerja profesional.

Kalau anda adalah tuan rumah…
Ini terserah anda, karena anda adalah yang punya pesta. Jika anda memeluk semua tamu yang anda undang dengan maksud ramah, maka anda harus konsisten, perhatikan juga orang-orang yang baru anda kenal, walaupun anda mungkin tidak memeluk mereka, tapi ajaklah berbicara duluan sehingga mereka pun merasa nyaman.

Perlu diingat…
Ada orang yang tidak biasa atau tidak mau untuk dipeluk, apalagi bila dengan lawan jenis, maka hargailah mereka dan jaga jarak privasi.
Kalau anda merasa dekat dengan orang tersebut, maka bukalah kedua tangan anda. Tetapi kalau tidak begitu dekat, maka peluklah hanya dengan satu tangan saja.
Hati-hati untuk tidak terlalu lama memeluk, cukup sekitar 2-3 detik saja.
Perhatikan sekitar anda, frekuensi pertemuan, dan setting pertemuan apakah ini acara persahabatan atau acara kantor.

 

 

 

Comments

Popular Posts