Sukses dan Profesional: Cerminkan Dalam Gaya Pakaian Anda

Jangan menilai orang dari luarnya saja. Betul sih. Tapi kalau soal berpakaian kerja, anda tetap harus memperhatikan juga ‘luarnya’ anda, karena orang-orang akan menilai kesuksesan dan profesionalisme anda salah satunya dari gaya berpakaian anda.


1.     Ukuran panjang celana anda.
Tidak ada celana yang bisa cocok dipakai dengan sepatu flat ataupun sepatu berhak tinggi. Masing-masing harus dibedakan. Celana untuk sepatu flat dan celana untuk sepatu hak tinggi. Jika anda ingin memakai sepatu flat, maka celana anda harus jatuh di bagian pergelangan kaki anda. Jika anda ingin memakai sepatu hak tinggi, maka celana harus agak lebih panjang dan tidak gantung.
2.     Ukuran panjang lengan kemeja anda.
Kalau anda memakai kemeja, jaket atau blazer, panjang lengan baju anda harus diperhatikan, sebaiknya jatuh tepat di pergelangan tangan anda. Tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang. Pakailah cuffling untuk memperkuat detail kemeja anda, artinya anda sangat memperhatikan detail dan serius dalam melakukan pekerjaan anda.
3.     Kancing kemeja.
Kancing kemeja anda harus menutup di bagian dada. Jangan sampai menganga dan semua orang bisa melihat bra anda. Pakailah dalaman tank top atau tempelkan ‘double tape’ di sela-sela kancing kemeja anda.
4.     Sepatu klasik
Jangan ragu-ragu untuk membeli sepatu kantor model klasik. Pilih model pump warna hitam, dengan hak tidak terlalu tinggi 3-5 centimeter, alas sepatu yang nyaman dan tidak mengeluarkan suara ‘pletak-pletok’ yang terlalu keras.
5.     Ikat pinggang.
Kalau anda memakai rok atau celana yang ada tempat ikat pinggangnya, dan anda memasukkan blouse anda ke dalam, maka anda harus memakai ikat pinggang. Ini mencerminkan anda perduli tentang hal-hal kecil.
6.     Aksesoris minimum.
Gunakan aksesoris yang tidak mengganggu gerak-gerik anda dalam melakukan pekerjaan, hindari aksesoris yang mengeluarkan suara. Jika anda ingin memakai aksesoris yang besar, maka pilihlah satu bagian saja, misalnya gelang yang besar (dipadankan dengan anting dan kalung yang kecil).
7.     Kuku tangan anda.
Jangan lupakan manicure kuku anda karena saat anda mengadakan presentasi, atau rapat, atau ketemu dengan klien, saat anda menuliskan sesuatu maka mata orang akan teracu untuk melihat tangan anda. Dan kuku anda jika tidak terawat, maka orang akan mempunyai pemikiran bahwa anda tidak perduli pada kebersihan dan perawatan diri anda sendiri.
8.     Keringkan rambut anda.
Kalau anda tidak punya cukup waktu untuk mengeringkan rambut anda di pagi hari, lakukanlah pada malam hari, atau kuncir rambut anda, tata dengan jepit rambut yang manis dan sederhana. Jangan pernah datang sampai ke kantor dalam keadaan rambut basah dan belum sisiran. Ini mencerminkan sikap anda yang kurang persiapan dan boss anda tidak akan menanggapi anda dengan serius kalau rambut saja anda tidak bisa atur.
9.     Pakai parfum tapi jangan terlalu banyak.
Kalau anda ingin tetap wangi di siang hari, maka bawalah parfum di tas anda atau tinggalkan di meja kantor anda. Jangan menyemprotkan parfum terlalu banyak di pagi hari dengan harapan akan bertahan lama. Ini justru akan membuat orang di sekitar anda mual karena aroma yang terlalu kuat.
10.  Mata anda.
Tidurlah dengan cukup supaya mata anda selalu segar di pagi hari. Jika anda memakai kacamata, pilih bentuk kacamata yang klasik dan bentuk yang tidak aneh-aneh. Riaslah mata anda dengan sederhana: rapikan alis anda, pakailah mascara atau eyeliner supaya mata tampak lebih segar. Siap sedia obat tetes mata jika mata anda mudah merah karena terlalu lama bekerja menatap layar computer.

Comments

Popular Posts